Home » Info » Wisata dan Hotel di Bogor

Wisata dan Hotel di Bogor

Bogor adalah salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta, tepatnya di sebelah selatan. Kota ini dijuluki kota hujan karena curah hujan di kota ini begitu tinggi, dimana rata-rata curah hujan di kota ini adalah sekitar 3.500 – 4000 mm.

Seperti halnya kota-kota lainnya, Bogor juga menawarkan sejumlah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Bila wisatawan ingin menginap, sejumlah hotel di Bogor banyak tersedia di kota hujan ini.

jembatan kayuJembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang beralamat di Jln. Ciliwung, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor.

Jembatan Kayu ini terhubung dengan Rumah Pohon dengan latar perbukitan hijau alami. Jembatan Kayu dan Rumah Pohon tersebut masuk ke dalam wilayah Curug Ciherag Bogor.

Selain Jembatan Kayu, tempat Wisata Bogor yang bernuansa alam lainnya adalah Curug Bidadari.

Pada mulainya, air terjun ini bernama Curug Bojong koneng. Setelah dikelola oleh pihak Sentul Paradise Park, air terjun ini pun akhirnya berganti nama.

Curug Bidadari ini mempunyai ketinggian sekitar 45-70 meter dan air yang memancar dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung yang ada di kawasan Curug Bidadari.

Di bawah curug ini, terdapat taman bermain yang mempunyai luas sekitar 6 km persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan dari kawasan Bangka.

curug-bidadari-bogor

Beberapa fasilitas seperti perahu tangan dan flying fox tersedia di kawasan ini. Adapun tempat wisata ini beralamat di Desa Bojong Koneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Kampung Budaya Sindangbarang adalah wisata Budaya Bogor yang ada di Jl. Endang Suma Wijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor.

Kampung wisata ini menyajikan suasana kampung tanah Sunda tempo dahulu serta terdapat 8 jenis kesenian Sunda di dalamnya. Seringkali kampung wisata ini menjadi destinasi wajib di paket wisata Bogor.

Adapun salah satu kesenian tersebut adalah upacara adat Seret Taun. Selain itu, Kampung Budaya Sindangbarang juga mempunyai situs peurbakala yang berupa Bukit-Bukit Berundak. Situs ini merupakan peninggalan kerajaan Pajajaran.

Taman Safari Bogor adalah salah satu tempat wisata yang ikonik di Kota Bogor. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Puncak No. 601, Bogor ini menyuguhkan berbagai jenis satwa yang hidup layaknya di habitat mereka sendiri.

Pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. Pengunjung juga dapat mengelilingi taman dengan menggunakan mobil atau kereta gunung baik di siang maupun malam hari.

taman safari bogor

Taman Safari ini juga mempunyai Baby Zoo yang merupakan penangkaran khusus untuk anak-anak hewan yang konon bisa mencapai 2.500 spesies satwa yang ada di sana.

Bila pengunjung mempunyai uang lebih atau berwisata ke Bogor dalam waktu lama, pengunjung bisa menginap di sejumlah hotel berkualitas di Bogor.

Rekomendasi hotel yang pertama adalah The Highland Park Resort atau Mongolian Camp Bogor. Hotel ini mempunyai konsep perkemahan atau camp ala Mongolia di setiap kamarnya.

Meski begitu, fasilitas hotel unik ini terbilang lengkap, mulai dari tempat tidurnya yang empuk, sofa, toilet, hingga pendingin udara sekalipun.

Letak hotel ini juga strategis karena berada diantara Gunung Salak, Curug Nangka, dan juga Kuil Budha. Jadi, pengunjung bisa menginap sekaligus berwisata di tempat-tempat tersebut.

Jika tidak ingin ke tempat-tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati wahana-wahana yang tersaji di Hotel tersebut, seperti flying fox, futsal, berkuda, hingga kolam renang.

Mongolian Camp Bogor

Adapun lokasi hotel ini adalah di Jl. Curug Nangka Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Bogor.

Rekomendasi hotel selanjutnya adalah Aston Bogor Hotel & Resort yang ada di Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan. Hotel ini mempunyai fasilitas yang lengkap, seperti internet, pusat bisnis, tempat spa, dan lain sebagainya.

Bagi pengunjung yang perokok, terdapat pula Smoking Room yang telah disediakan khusus oleh pihak hotel.

Kamarnya pun terbilang beragam, mulai yang khusus untuk dewasa hingga kamar khusus anak-anak pun juga ada.

Di hotel ini, anak-anak berusia 0-4 tahun bisa menginap secara gratis jika menginap di tempat tidur yang telah disediakan hotel.

Jika pengunjung ingin bersenang-senang di hotel ini, Aston Bogor menyediakan banyak fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung.

Fasilitas-fasilitas itu antara lain peralatan paintball, bowling, karaoke, tempat futsal, dan juga kolam renang. Jika masa waktu telah habis, pengunjung bisa menyempatkan diri ke Batutulis Coffe Shop untuk membeli oleh-oleh berupa biji kopi pilihan.

Lokasi Aston Bogor & Resort sangat strategis karena dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor, Jungle Waterpark, serta JungleFest.

Oleh karenanya, pengunjung tak perlu bingung jika hendak berjalan-jalan atau berwisata di luar hotel.

aston bogor

The 101 Bogor Suryakancana merupakan hotel dengan lokasi strategis lainnya di Bogor. Hotel yang beralamat di Jl Suryakancana No. 179-181, Bogor Tengah ini dekat dengan Chinatown (pecinaan) Bogor yang terkenal dengan wisata kuliner serta pertunjukkan seni khas Tionghoa.

Selain itu, Hotel yang didirikan oleh PHM Hospitality ini dekat dengan stasiun dan jalan tol, serta dekat dengan sejumlah tempat-tempat seperti Botani Square, Kebun Raya Bogor, dan Museum Kepresidenan Balai Kirti yang ada di dalam kompleks Istana Bogor.

Hotel yang mengusung konsep smart stylish experience ini mempunyai sejumlah fasilitas yang dapt memanjakan pengunjungnya.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain WiFi gratis di semua kamar, pelayanan resepsionis 24 jam, layanan kamar 24 jam, dan lahan parkir mobil.

Terdapat taman dan juga pusat kebugaran di hotel ini, sehingga pengunjung bisa melepas penat di luar hotel atau berolahraga di pusat kebugaran yang telah disediakan. Terdapat pula area merokok bagi para pengunjung yang perokok.

101 bogorHotel The 101 Bogor Suryakencana ini mempunyai kebijakan yang hampir sama dengan Aston Bogor, yaitu menggratiskan biaya menginap bagi anak-anak.

Bedanya, anak-anak yang digratiskan biaya menginapnya oleh 101 Bogor adalah anak-anak berusia 0-6 tahun.

Selain Aston Bogor dan The 101 Bogor Suryakencana, Grand Savero Hotel juga merupakan salah satu hotel di Bogor yang dekat dengan Kebun Raya Bogor, tepatnya di dekat pintu 3 Kebun Raya Bogor.

Hotel ini mempunyai arsitektur bergaya modern klasik dengan warna putih yang mendominasi bangunan hotel.

Adapun fasilitas-fasilitas di hotel yang beralamat di Jl Padjajaran No. 27, Bogor ini diantaranya adalah kamar hotel yang berjumlah 128 serta mempunyai bebeapa ukuran, kolam renang, fitness center, spa, ballroom, area bermain anak, dan sebagainya.

Hotel ini juga menyediakan rental mobil bagi pengunjung yang ingin menyewa mobil untuk berwisata di kota Bogor.

jambuluwuk-ciawi-resort

Salah satu hotel unik di Bogor yang wajib disambangi adalah Jambuluwuk Ciawi Hotel & Resort.

Hotel yang beralamat di Jl. Raya Tapos No. 63, Ciawi, Bogor ini mempunyai arsitektur bangunan yang terbuat dari kayu serta dikelilingi oleh pohon dan taman di sekitarnya.

Berbagai macam olahraga dan aktivitas seperti memancing dan outbound bisa dinikmati pengunjung di hotel ini.

Bila ingin berwisata di luar hotel, pengunjung tinggal menyambangi Taman Safari Indonesia yang letaknya tidak jauh dari hotel.

 

Referensi

 

One thought on “Wisata dan Hotel di Bogor

  1. Infoid says:

    Wah makasih banyak atas informasinya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

4 × one =