Home » Info » Tips Hunting Tiket Pesawat Murah

Tips Hunting Tiket Pesawat Murah

Kata berburu selalu identik memburu binatang – binatang yang ada dihutan. Tapi kali ini kita akan berburu sesuatu yang berbeda. Kita akan berburu tiket – tiket murah pesawat untuk acara berlibur kita.

Tentunya akan menjadi hal paling menyenangkan bila kita dapat berhemat, terutama faktor harga tiket pesawat promo cukup signifikan dalam anggaran perjalanan kita. Sehingga apabila dapat dihemat akan sangat berdampak pada jadwal dan aktifitas liburan kita.

Dan itu bisa dimulai dari mencari tiket murah untuk pergi ke lokasi yang kita inginkan. Tentunya akan ada tips cari tiket murah untuk bisa mencapai tujuan kita ini.

Tentunya tahun 2017 ini akan sangat berbeda saat kita kembali ke tahun 2013 silam. Dimana kita akan dimanjakan dengan berbagai macam promo tiket murah dari seluruh maskapai penerbangan.

Bahkan kita mungkin masih ingat dengan promo dari salah satu maskapai dengan hanya melepas harga tiket murah sampai dengan 99 ribu rupiah saja, sangat murah bukan? Tapi itu tahun 2013 silam. Jangan harap kamu bisa menemukan harga seperti itu lagi untuk tahun 2017 saat ini.

Terlebih setelah terbitnya peraturan Menteri Perhubungan, Ignasius Johan yang mengeluarkan peraturan tentang tarif harga terendah untuk tiket pesawat. Jadi jangan berharap, jika kita bisa mendapatkan tiket Jakarta – Bali kurang dari 700 ribu rupiah.

Peraturan tersebut tentunya bukan tanpa alasan dikeluarkan oleh sang menteri tersebut. Dengan murahnya harga tiket pesawat, tentunya membuat pelayanan yang diberikan oleh pihak maskapai mengalami penurunan. Dengan menurunnya pelayanan, membuat tingkat keselamatan penumpang diabaikan oleh pihak maskapai penerbangan.

Dan ini membuat tingkat kecelakaan penerbangan mulai terjadi. Tapi apakah tiket murah sudah benar – benar tidak ada lagi pada saat ini? Walaupun tidak semurah tahun 2013 silam, tetap saja kita harus mencari yang paling murah bukan?

Terlebih dengan tipikal masyarakat Indonesia yang gemar berburu tiket-tiket murah untuk bisa mereka dapatkan. Jadi bagaimana caranya? Inilah tips cari tiket murah versi penulis.

Pesanlah tiket dari jauh hari agar mendapatkan harga murah

Jangan lupakan hukum permintaan. Yang artinya dengan semakin banyaknya permintaan, akan semakin sulit kita mendapatkan tiket. Apa artinya? Tiket akan semakin mahal harganya. High season menjadi ajang mencari keuntungan sebanyak-banyaknya para maskapai penerbangan, terlebih disaat libur hari raya.

Disini harga akan menjadi gila-gilaan. Jadi mulailah lupakan keinginan kita mendapat tiket murah pada high season. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan tiket murah? Jadi kita harus bisa memulai merencanakan keberangkatan kita jauh-jauh hari.

Tentunya momen seperti hari raya menjadi momen penting untuk kita bisa hadir ditempat sanak saudara kita. Jadi kenapa tidak jika kita membeli tiket pesawat 3 – 4 bulan sebelumnya? Tentunya kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah bila dibanding kita mulai memesannya 3 – 4 minggu sebelumnya.

Hal ini tentunya dikarenakan banyak sekali yang memesan pada minggu-minggu tersebut. Walaupun begitu, jangan berharap kita bisa mendapat harga dibawah 500 ribu untuk sebuah tiket pesawat pada saat itu.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, pihak maskapai sudah tidak banyak memberikan promo-promo setelah peraturan Menteri Perhubungan terbit. Setidaknya kita bisa mendapatkan harga tiket lebih murah saat melakukan pembelian jauh-jauh hari.

Tentu mahalnya harga tiket saat libur hari raya akan sama dengan saat hari liburan yang lain. Seperti Long Weekend, Akhir Pekan ataupun Musim Liburan adalah waktu dimana harga tiket pesawat melambung tinggi. Jadi mengapa tidak jika kita merencanakan waktu berlibur diluar jadwal tersebut?

Tentunya kita berlibur tidak setiap hari ataupun bulan. Kita bisa saja meminta ijin cuti untuk benar-benar bisa menikmati liburan kita, anak-anak juga bisa meminta ijin untuk tidak masuk sekolah. Dan kita bisa melakukan perjalanan berlibur pada periode Low Season.

Yang dimana akan jauh lebih murah dari segi tiket perjalanan dan tidak ramainya tempat wisata pada saat itu. Liburanpun akan menjadi sangat menyenangkan tentunya.

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis maskapai yang dipesan

Selain memesan tiket jauh-jauh hari, kamu harus pula memperhatikan maskapai yang ingin kamu gunakan. Seperti memperhatikan kecenderungan harga dari Low Cost Carrier (LCC) yang jauh lebih murah.

Untuk jenis maskapai yang menggunakan LCC ini akan jauh lebih murah jika kita memesannya jauh-jauh hari dan pastinya akan meningkat draktis jika dipesan dalam jangka waktu beberapa minggu.

Sedangkan untuk maskapai yang menggunakan Full Service, mereka selalu menerapkan harga Year Round Fare yang artinya sepanjang tahun, harga yang mereka tawarkan kurang lebih sama.  Tapi kadang-kadang hal sebaliknya bisa terjadi dimana maskapai yang menggunakan Year Round Fare akan mengeluarkan harga yang lebih murah saat kita memesannya didekat hari keberangkatan.

Walaupun begitu, usaha kita untuk bisa mendapatkan tiket murah dari 2 jenis maskapai diatas perlu sedikit usaha. Apa itu? Dengan memantau harganya setiap hari. Jika penerbangan yang kamu incar mengalami kenaikan, lebih baik untuk tidak membelinya terburu-buru karena rasa takut kita karena naiknya harga tersebut.

Tunggulah beberapa hari kedepan. Jika ternyata tidak mengalami perubahan, kamu bisa memcoba membelinya. Karena memang harga dasarnya sudah dipatok seperti itu.

Kemudian kita juga harus memulai mempelajari tren promo yang dilakukan oleh semua maskapai. Jadi jika kamu memang sering berpergian, sudah seharusnya mulai mengikuti semua hal yang berhubungan dengan maskapai seperti akun media serta akun web semua maskapai agar selalu mengetahui semua promo yang ada.

Artinya kita tidak boleh ketinggalan semua berita yang ada. Karena bisa jadi, kita bisa menemukan tiket paling murah karena adanya promo. Misal promo naik gratis karena tanggal kelahiran kita sama dengan tanggal ulang tahun maskapai tersebut.

Perhatikan hal-hal kecil lainnya untuk bisa mendapatkan tiket penerbangan yang murah

Selain ke-2 hal diatas, kamu harus mencoba beberapa hal lainnya agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah seperti jangan pernah lupa untuk membersihkan cache browser kita setelah mendatangi website pemesanan pesawat online.

Karena jika kita tidak melakukannya, terkadang  harga yang kita lihat keesokan harinya bisa saja naik, hal ini dikarenakan pihak maskapai mengetahui jika kita mengincar tiket penerbangan tersebut. Misal, saat pertama kita lihat harga masih 700 ribu tetapi saat kita datangi lagi beberapa jam atau hari kemudian, harga bisa saja menjadi 750 ribu rupiah.

Kemudian jika kamu berencana mencari tiket yang membawa kamu ke luar negeri, carilah pesawat yang sedikit dalam hal transit. Usahakan cari penerbangan yang tidak menghabiskan ongkos dan waktu.

Seperti contoh, saat kita hendak pergi ke Singapura, dimana kita lebih baik mendapatkan tiket yang satu kali jalan tanpa harus transit di Malaysia. Dan ini menjadikan ongkos perjalanan kita menjadi 2 kali lipat. Kitapun bisa tergoda untuk melakukan pembelanjaan saat berada di bandara Malaysia. Rugi bukan?

Agar mendapatkan tiket murah lainnya, kamu bisa mencoba membuka web pemesanan dihari setelah high season berakhir. Misalkan saja, kita membuka webnya dihari senin dan melakukan penerbangan untuk hari selasa, rabu ataupun kamis.

Biasanya para maskapai akan langsung menurunkan harga dengan sangat murah setelah high season berakhir. Biasanya yang banyak membeli tiket dihari-hari tersebut adalah para pebisnis yang memang melakukan perjalanan bisnisnya.

Pada intinya, pencarian kita akan tiket murah sebenarnya tidak terlalu banyak memberikan pengaruh pada tahun 2017 ini. Perbedaan harga hanya berkisar 10 ribu sampai dengan 100 ribu.

Seperti yang sudah dikatakan diawal tadi, sudah sangat sulit untuk bisa mendapatkan tiket murah dibwah 500 ribu. Semoga tips cari tiket murah ini bisa bermanfaat banyak untuk yang suka mengejar tiket-tiket murah saat ini. Selamat beraktifitas.

 

One thought on “Tips Hunting Tiket Pesawat Murah

  1. Jasbuko says:

    Wah boleh juga nih kita coba, makasih banyak ya atas penjelasan tipsnya sangat banyak tapi sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

1 × 1 =