Home » Info » Pesona Parangtritis

Pesona Parangtritis

Pesona parangtritis merupakan informasi wisata selanjutnya yang banyak dicari oleh masyarakat saat ini. Bicara mengenai parangtritis, tentu yang tergambar jelas adalah pantainya yang ini.

Pantai parangtritis yang berlokasi di bagian selatan kota Jogjakarta ini memang disebut sebut merupakan salah satu pantai terbaik di pulau Jawa. Anda tentu sering mendengar cerita rakyat dibalik terbentuknya pantai parangtritis ini.

Menurut cerita rakyat parangtritis ini memiliki sejumlah cerita bersambung yang menarik untuk diketahui. Tidak banyak yang mengetahui bahwa selain hanya mengunjungi pantai dan mendengarkan cerita rakyatnya, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di pantai ini.

Mungkin anda sekarang sudah mulai penasaran dan bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan di parangtritis selain bermain air bukan? Jawabannya adalah ada 10 hal menyenangkan dan seru yang dapat anda nikmati di pantai selatan Jogjakarta ini. Ingin tahu apa saja kesepuluh kegiatan tersebut? Simak penjelasannya pada bagian selanjutnya.

10 Aktivitas yang Menjadi Pesona Parangtritis

Berdasarkan informasi yang disampaikan pada bagian di atas, diketahui bahwa sayang sekali jika anda ke Jogja dan tidak mengunjungi parangtritis. Sayang sekali juga jika anda mengunjungi parangtritis, tetapi tidak melakukan 10 aktivitas yang menjadi pesona parangtritis. Tahukah anda apa saja kesepuluh aktivitas tersebut? Jika belum tahu, maka berikut ini penjelasan keseluruhannya.

naik kuda di parangtritis

Menunggang Kuda di Tepi Pantai

Tahukah anda bahwa menikmati tepi pantai tidak selalu harus berjalan kaki? Di pantai parangtritis ada kuda yang dapat anda sewa. Kuda ini dapat anda naiki untuk menyusuri tepi pantai dan menikmati keindahannya. Sehingga anda pun bisa lebih cepat mengelilingi seluruh bagian pantai parantritis. Bagi anda yang belum mahir mengendarai kuda, tenang saja. Anda akan dipandu dengan pemiliki kuda yang menyewakan. Jadi jalannya kuda pun dapat diatur supaya pelan pelan saja agar anda pun lebih mudah menikmati pemandangan yang ada.

Menaiki Andong

Andong di parantritis dikenal juga dengan istilah bendi. Transportasi yang satu ini cocok untuk anda gunakan menyusuri pantai jika membawa anak-anak. Tidak mungkin memang membawa anak anak dengan menaiki kuda. Lebih amannya gunakanlah andong. Andong merupakan transportasi tradisional yang mulai sulit ditemukan saat ini. Namun jangan khawatir karena anda masih dapat menemukannya di parangtritis. Nikmati mengendarai kendaran tradisional ini dengan pemandangan indah di pantai selatan Jogjakarta. Selamat menikmati keindahannya dan romansa menaiki kendaraan tradisional di alam bebas.

Menyusuri Pantai dengan ATV

Anda pasti pernah mendengar tentang ATV sebelumnya. ATV adalah adalah kendaraan seperti motor dengan roda empat. Kendaraan ATV ini memang diketahui cukup populer untuk dikendarai sambil berwisata alam. Termasuk juga saat menyusuri tepi pantai. Anda dapat menikmati hamparan angin ke wajah anda dengan mengendarai ATV dalam kecepatan sambil menikmati keindahan pantai. ATV pun dapat dikendarai oleh dua orang per unitnya. Sehingga cocok sekali untuk anda yang berwisata romantis dengan pasangan ke parangtritis.

Menikmati Jagung Bakar

Berjalan-jalan tentu tidak akan lengkap tanpa menikmati wisata kuliner yang tersedia. Anda tentu juga akanĀ  lapar sambil berputar-putar di pinggir pantai parangtritis. Memudahkan anda mencari konsumsi, anda akan menemukan banyak penjual jagung bakar. Tidak persis di tepi pantai namun di sekitar pantai banyak penjual jagung bakar yang dapat anda beli jualannya. Nikmat sekali bukan memakan jagung yang fresh dibakar lalu dinikmati bersama deburan ombak dan hembusan angin. Jadi anda pun tidak perlu kelaparan lagi sambil berjalan-jalan.

Menyaksikan Bintang dari Pinggir Pantai

Selanjutnya, anda juga perlu mengetahui betapa indahnya pantai parangtritis di malam hari. Pantai ini diketahui membuat anda dapat menikmati indahnya langit luas dengan bintang-bintang yang bertaburan. Kehidupan di kota dengan gunung-gunung tinggi yang menjulang membuat siapapun kesulitan melihat bintang di langit. Namun dari pinggir pantai parangtritis anda dapat menikmati keindahan bintang-bintang tersebut dengan leluasa. Tidak ada yang menghalangi anda melihat bintang-bintang tersebut. Hanya ada laut, langit, dan angin berhembus yang semakin meningkatkan keasyikan liburan anda.

Parangtritis

Menaiki Paralayang

Anda yang suka olahraga ekstrim pun dapat menikmati liburan di parangtritis dengan menaiki paralayang. Paralayang adalah olahraga yang mengangkat anda dengan menggunakan parasut besar yang ditarik dengan kapal boat. Sambil menikmati paralayang anda juga akan dapat menikmati keindahan laut pantai selatan dari atas. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya, Karena paralayang ini merupakan olahraga rekreasi yang diselenggarakan dengan aman dan oleh orang-orang yang tepercaya. Jadi nikmatilah olahraga rekreasi sambil berlibur di Jogja.

Menuju Air Terjun Parang Endog

Bagi anda yang ingin mengeksplor daerah sekitar pantai parangtritis dapat melakukan perjalanan menuju air terjun Parang Endog. Air terjun ini berlokasi di dekat dari pantai, namun membutuhkan perjalanan yang lumayan juga. Itulah sebabnya anda disarankan untuk datang lebih awal jika ingin mengunjunginya. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun yang indah dan menawan sambil sekaligus menyaksikan pantai. Jadi silahkan mencoba menjelajahi alam pantai selatan, jika anda memiliki waktu yang cukup. Selamat menjelajahi pantai parangtritis.

Berselancar

Selain paralayang, anda pun dapat menikmati olahraga berselancar di pantai parang tritis. Ombak dari laut ini pun menjadi salah satu pesona parangtritis yang tidak dapat dilewatkan. Anda dapat membawa alat selancar anda sendiri, atau menyewa dari beberapa penyedia jasa penyewaan di sekitar pantai. Akan tetapi, lebih baik anda membawa sendiri untuk menghemat biaya. Jadi jika anda ingin menjajal ombak laut selatan pulau Jawa, maka pantai parangtritis adalah tempatnya. Namun, berhati-hatilah selalu.

Bermain Layang-layang

Selanjutnya anda juga dapat bersantai dengan bermain layang-layang di tempat ini. pantai parangtritis memiliki tepi pantai yang luas dan angin yang nikmat untuk menerbangkan layang-layang anda. Namun, anda tetap harus berhati-hati jangan sampai anda mengganggu liburan pengunjung lainnya. Anda juga dapat bermain layang-layang dengan anak-anak, jika anda berlibur bersama keluarga. Bahkan pantai parangtritis sudah sering menjadi tempat pameran internasional layang-layang tingkat dunia.

Bersantai Bersama Matahari Tenggelam

Pemburu matahari tenggelam (sunset), wajib juga mengunjungi pantai parangtritis untuk mendapatkannya. Seperti diketahui, keindahan dari matahari tenggelam dengan langit yang berubah warna menjadi campuran oren kemerahan adalah keindahan tidak terbeli di dunia. Anda dapat menikmatinya secara langsung di bibir pantai parangtritis. Pastikan untuk tidak melewatkan keindahannya dengan datang ke pantai parangtritis di waktu-waktu menjelang matahari tenggelam. Sehingga anda pun dapat menikmati nuansa romantis dari laut pantai selatan ini.

Demikianlah tadi informasi mengenai 10 pesona parangtritis yang dapat anda nikmati secara langsung. Jadi mulai dari sekarang anda sudah mengetahui bahwa pantai parangtritis bukan hanya pantai untuk disaksikan. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat anda coba untuk menghibur anda dan membuat liburan anda menjadi lebih berarti. Jadi selamat berlibur dan bersenang-senang dengan pesona parangtritis.

Referensi

  1. Legenda Pantai Parangtritis
  2. Keindahan deru pantai Parangtritis di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*