Home » Info » Liburan Wisata di Semarang bisa ngapain aja?

Liburan Wisata di Semarang bisa ngapain aja?

Tentu sangat menyenangkan sekali jika kita mempunyai waktu untuk berlibur. Apalagi jika kita memilih berlibur bersama keluarga kita. Pilihan tempat untuk berliburpun banyak sekali. Apalagi jika kita tinggal di Indonesia. Ada ribuan tempat wisata yang bisa kita kunjungi.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikenal memiliki tempat wisata yang indah dan bahkan sampai dikagumi oleh banyak wisawatawan dari manca negara. Jadi jangan heran jika industri pariwisata Indonesia menjadi andalan utama pemasukan negeri ini.

Salah satu daerah tempat wisata yang harus kita kunjungi adalah wisata di Semarang. Seperti yang kita tahu, jika Semarang merupakan salah satu nama kota di pulau Jawa dan pastinya kota utama di provinsi Jawa Tengah.

Ada tempat wisata apa saja di kota Semarang ini? Tapi sebelum mengulas masing-masing tempat wisata yang ada, mungkin kita bisa mencari terlebih dahulu bagaimana caranya kita bisa ke kota ini.

Untuk bisa menuju ke kota ini banyak caranya. Dari menggunakan kendaraan pribadi roda 4, kereta api sampai dengan pesawat terbang. Dan jika kita berasal dari luar pulau, menggunakan jasa pesawat akan menguntungkan kita dari segi waktu.

Pastinya di kota sebesar Semarang ini, sudah ada bandara yang tarafnya sudah internasional, Bandara Ahmad Yani. Dan dari sini, kita bisa langsung mencari tempat penginapan yang juga banyak tersebar di kota ini.

Dan jika kita berasal dari pulau Jawa, kita bisa menggunakan sarana transportasi kendaraan roda 4 dan kereta api. Stasiun Kereta Api Semarang Tawang, merupakan tempat perberhentian terakhir kereta yang menuju kota ini.

Dan dari stasiun inipun, kita dengan sangat mudah mencari banyak penginapan dari yang murah sampai dengan mahal. Hotel di Semarang cukup beragam, mulai dari yang bintang lima, hingga homestay dapat mudah ditemukan dengan harga yang sangat kompetitif.

Dan saatnya kita mulai memilih beberapa tempat wisata yang menarik di kota Semarang ini. Dimana saja? Yuk kita langsung lihat dibawah ini.

Pertama, kamu dianggap tidak pernah ke kota Semarang jika belum datang ke lokasi wisata yang satu ini, Lawang Sewu. Apa itu Lawang Sewu? Lawang Sewu sudah sangat terkenal bagi wisatawan yang datang ke kota Semarang ini.

Lawang Sewu merupakan nama dari sebuah gedung kuno yang dibangun sejak tahun 1904 silam. Dulunya, Lawang Sewu merupakan gedung yang digunakan penjajah Belanda sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Belanda. Apakah kamu tahu arti dari nama Lawang Sewu?

Orang Jawa menyebutnya Gedung dengan seribu pintu. Yang memang bentuk dari bangunan tersebut memiliki banyak sekali pintu dan juga jendela. Hanya saja, Lawang Sewu akan berubah menjadi gedung yang menyeramkan saat dimalam hari.

Suasana mistis sangat kental melekat pada bangunan ini. Konon banyak yang melihat penampakan pada bangunan tua ini. Di gedung ini pula, kita bisa menemukan lantai bawah tanah yang pernah digunakan oleh pihak Belanda untuk menahan tawanan perang. Untuk bisa masuk ke gedung ini, kita hanya dibebankan biaya retribusi 10 ribu rupiah.

Kedua, setelah melakukan wisata sejarah, mari kita lanjutkan dengan wisata rekreasi keluarga. Kampung Wisata Taman Lele, harus menjadi tempat wisata wajib kamu datangi saat berada di kota Semarang ini.

Sebagai tempat wisata dengan panorama alam, kampung wisata taman lele ini juga merupakan taman hiburan yang mempunyai luas kurang lebih 2 hektare. Ditempat ini kita akan menemukan banyak sekali wahana permainan yang cocok dilakukan oleh 1 keluarga.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, ditempat ini pula disediakan tempat penginapan bagi yang ingin berlama-lama berlibur. Asyik bukan?

Berada di Jalan Walisongo Km.. 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang, tempat wisata yang satu ini memang lokasi yang tepat untu menghabiskan waktu seharian liburan kita bersama keluarga. Apakah kamu tahu mengapa tempat ini diberi nama Taman Lele? Ini dikarenakan sebelum menjadi tempat yang sekarang ini, dulunya adalah perkebunan jambu dengan adanya sebuah sumber mata air.

Sumber mata air inilah yang dipenuhi dengan ratusan ikan lele. Tempat wisata yang satu ini juga mempunyai sebuah kebun bintang mini yang cocok sebagai sarana belajar satwa bagi anak-anak kita.

Dan yang asyiknya adalah dengan adanya danau buatan yang ditepinya terdapat tempat duduk khusus disediakan bagi pengunjung. Dengan biaya masuk tidak sampai 10 ribu rupiah, tempat wisata ini sayang dilewatkan jika kita sedang berada di kota Semarang ini.

Ketiga, mari kita menikmati eksotisme kota lama di Semarang. Yup disalah satu sudut kota Semarang sendiri, ada bagian yang disebut dengan Kota Lama Semarang. Ditempat inilah, dulunya merupakan pusata perdagangan pada abad 19-20.

Pada saat itu, dengan tujuan mengamankan warga sekitar, dibangunlah benteng yang diberi nama Benteng Vijhoek. Apakah kamu tahu julukan dari kota lama Semarang ini? Namanya Outstadt. Dan kini, kawasan tersebut sudah menjadi kawasan pariwisata yang menjadi primadona.

Karena berada disebuah kawasan, maka tidak mengherankan jika kita bisa melihat banyak sekali gedung-gedung lama yang memang sengaja dijadikan saksi bisu dari sejarah masa lalu. Bahkan kawasan kota ini sering disebut sebagai Little Netherland yang artinya kota kecil Belanda.

Jika dihitung ada sekitar kurang lebih 50 bangunan kuno dan pastinya masih berdiri sangat kokoh. Apa yang biasa orang lakukan ditempat ini? Memuaskan diri melakukan swafoto. Tentu ini dilakukan karena memang obyek-obyek bangunan lama selalu menarik perhatian besar. Jadi pastikan kamu mengunjungi tempat ini jika berada di kota Semarang.

Keempat, dan pastikan kamu mendatangi ikon dari kota Semarang ini, Simpang Lima Semarang. Sayang jika kamu melewatkan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Selalu menjadi incaran para wisatawan yang memang sengaja menghabiskan waktu liburannya.

Ditempat yang satu ini menjadi salah satu tempat untuk bisa melakukan swafoto terbaik. Setiap sudut yang ada akan tampak keren untuk dijadikan latar belakang hasil dari swafoto kita. Karena memang letaknya ditengah kota, maka tidak heran jika kawasan Simpang Lima ini terdapat banyak sekali pusat perbelanjaan yang bisa memuaskan mata kita.

Dan jika kebetulan kita mengunjungi kawasan ini di hari libur, maka kita akan menjumpai pusat jualan rakyat yang menjual berbagai macam aneka barang.

Hal diatas jika kita mengunjungi kawasan wisata ini pada siang hari. Tapi bagaimana jika mendatanginya pada malam hari? Keramaian akan jauh lebih terasa saat kita mendatangi tempat ini pada jam 5 sore.

Pada pedagang makanan sudah mulai bersiap-siap membuka lapaknya untuk pecinta kuliner dimalam hari. Ada juga persewaan-persewaan sepeda serta becak hias disepanjang jalan di kawasan ini.

Cukup dengan membayar sewa 25-35 ribu, kamu sudah bisa menggunakannya disekitar kawasan tersebut. Kemeriahan di Simpang Lima Semarang tersebut akan semakin terasa jika waktu menunjukkan jam 7 malam karena kawasan ini juga sebagai tempat berkumpulnya kawula muda Semarang menghabiskan waktu malam mereka.

Tempat wisata Lawang Sewu, Kampung Wisata Taman Lele, Kota Lama Semarang dan Simpang Lima hanya sebagian dari puluhan tempat wisata di kota tersebut. Walaupun begitu, ke-4 tempat wisata inilah yang selalu menyedot animo wisatawan yang sengaja menghabiskan waktu liburnya di kota Semarang ini.

Dan jangan lupa untuk membeli panganan khas kota ini, Lumpia yang memberi sensasi berbeda saat kita memakannya. Dengan isi rebung ayam manis nan gurih, lidah kita seakan dimanjakan. Inilah oleh-oleh yang kudu kamu beli untuk oleh-oleh untuk orang dirumah.

Kamu tidak akan menemukan kesulitan saat mencari kuliner yang satu ini, karena hampir disetiap sudut kota ada tempat untuk mendapatnya. Jadi asyik bukan wisata di Semarang? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Referensi

Kota Lama Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*