Home » Info » Destinasi Wisata di Mojokerto

Destinasi Wisata di Mojokerto

Mojokerto merupakan daerah yang masuk ke Provinsi Jawa Timur yang terbagi kedalam 2 wilayah yaitu Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto. Mojokerto sendiri jaraknya hanya sekitar 50 km dari Kota Surabaya. Jika dilihat dari ukuran, luas Mojokerto memang paling kecil jika dibandingkan daerah lainnya di Jawa Timur. Meskipun kecil, namun Mojokerto memiliki segudang destinasi wisata yang dapat anda masukkan ke dalam list wisata berlibur anda bersama keluarga ataupun teman-teman. Mulai dari wisata pantai. Wisata alam, wisata sejarah, dan lainnya dapat anda temukan disini. Nah berikut ini pengenalan & ragam destinasi wisata di Mojokerto yang dapat anda coba.

Gunung Penanggunan

Gunung Penanggunan masuk ke dalam kawasan Trawas, Kab. Mojokerto yang merupakan gunung api yang sudah tidak aktif. Wisata alam ini seringkali didatangi para pendaki yang ingin merasakan keindahan gunung dengan ketinggian 1.653 mdpl ini. Dari ketinggian ini, anda bisa menyaksikkan pemandangan alam kota dari puncak gunung tersebut. Tak hanya kaya akan keindahan alamnya, disini anda melihat berbagai situs yang memiliki nilai sejarah tinggi. Di hampir seluruh bagian dari lereng gunung ini terdapat peninggalan-peninggalan purbakala mulai dari candi, pertitaan, pertapaan yang berasal dari masa Hindu-Buddha Jawa Timur.

Pada saat masa kerajaan, gunung ini dikenal sebagai Gunung Pawitra yang memiliki arti kabut. Karena pada puncak hingga bagian lereng gunung sering ditutupi dengan kabut sehingga membuat pendaki yang datang terasa sedang diatas awan. Gunung ini memiliki 2 jalur pendakian yang dapat dipilih pendaki, yang pertama melalui Desa Tamiajeng yang berada di Trawas dan pendakian melalui Mojosari.

Air Terjun Coban Canggu

Air terjun Coban Canggu ini berada di wilayah Kabupaten Mojokerto yang memiliki ketinggian mencapai 70 m dan berada pada ketinggian 800 mdpl. Sehingga anda bisa melihat panorama yang cukup menakjubkan dengan udaranya yang begitu sejuk dan segar. Tak hanya menikmati pemandangan alamnya yang mempesona saja, anda juga bisa merasakan segarnya air di Coban Canggun dengan bermain air ataupun berendam. Jika anda ingin menginap, disekitar wisata terdapat banyak sekali penginapan seperti villa yang dapat menjadi pilihan anda bersama keluarga.

Pemandian Air Panas Padusan

Wisata pemandian air panas ini terletak di Desa Padusan, Pacet yang mana cukup populer dikunjungi wisatawan. Tak hanya dari masyarakat sekitar saja, namun juga wisatawan lain dari luar kota. Mata air pemandian ini berasal dari kaki Gunung Welirang yang memang cukup populer. Bahkan banyak sekali wisatawan yang berdatangn untuk mencoba khasiat dari air panas yang ada di pemandian ini. Konon katanya berendam dalam air panas ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit tulang.

Pemandian Air Panas Ubalan

Pemandian air panas lainnya yang berada di Mojokerto adalah Pemandian Air Panas Ubalan yang  terletak di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto. Pemandian ini sepertinya akan cocok jika anda gunakan sebagai tempat wisata bersama keluarga. Hal ini dikarenakan terdapat taman bermain serta kolam ikan dengan suasananya yang masih asri dan tenang. Tak hanya itu saja, anda juga bisa mengajak anak-anak untum bermian wahana-wahana sederhana seperti perosotan yang pastinya akan sangat disukai anak anak.

Air Terjun Dlundung

Wisata air terjun Dlundung juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati wisata alam Mojokerto yang sejuk dan alami. Berada di Desa Kemloko, Kec. Trawas, Mojokerto wisata ini terjenal dengan air terjunnya yang sangat indah. Air terjun disini tidak terlalu tinggi sehingga membuat suasananya sejuk dan segar. Apalagi bagi anda yang sering terkena polusi di kota, Air terjun ini direkomendasikan untuk anda kunjungi. Tak hanya menikmati pemandangannya saja, ada banyak aktifitas yang anda lakukan. Disini juga tersedia fasilitas pendukung seperti warung makan, kamar mandi, dan aktivitas outbound.

Kolam Segaran

Objek wisata ini berada di Kec. Trowulan, Mojokerto dan masyarakat setempat meyakini sebagai salah satu dari peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Kolam dengan ukuran yang cukup besar ini menjadi symbol dan bukti dari kejayaan Keraton Majapahit. Bahkan hingga kini Kolam Segaran dianggap sebagai kolam kuno dengan ukuran terbesar di Indonesia, sekitar 375 m dan kedalam mencapai 1.5 meter. Meskipun dibangun saat kerajaan Majapahit, namun wisata ini masih terawat dengan baik bahkan sering dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Grenjengan

Air terjun grenjengan ini berada di sebelah selatan dari air panas padusan. Uniknya sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, anda akan menyaksikan pemandangan pohon pinus di kanan dan kiri jalan. Setelah itu anda bisa berjalan kaki sembari menyaksikan pemandangan alam yang mempesona. Tak hanya dapat menikmati pemandangan alamnya saja, anda juga bisa bermain air nya yang dingin, segar, dan jernih. Bagi anda yang membawa anak-anak, akan lebih baik jika anda esktra pengawasan terutamasaat bermain air.

Candi Tikus

Candi tikus merupakan wisata sejarah yang ada di kawasan Mojokerto. Berada di Desa Temon, candi ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan candi-candi pada umumnya. Hal ini dikarenakan candi ini terletak di tengah-tengah kolam. Untuk bisa menempuh tempat ini, anda harus menempuh perjalanan sepanjang 13 km dari pusat Kota.

Situs Trowulan

Situs sejarah ini merupakan bukti dari sisa sisa kerajaan Majapahit yang memang pernah berkuasa di pulau Jawa. Disini anda bisa melihat beragam benda-benda purbakal mulai dari makam, candi, kolam, dan lainnya di kawsan situs Trowulan. Letaknya berada di Desa Trowulan, Kec. Trowulan dengan luas mencapai 100 km persegi. Di kawasan situs sejarah ini, anda bisa mengunjungi beberapa candi lainnya mulai dari Candi Menak Jingga, Candi Barhu, Candi Kedaton, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, dan lainnya. tak hanya candi berbagai macam objek lainnya seperrti Makam Putri Cempa, Pendopo Majapahit, dan Gapura Wringin Lawang.

Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur

Mahavira Majapahit adalah salah satu objek wisata yang cukup menarik dan unik, karena disana anda bisa menemukan patung budha tidur yang memang identik dengan tempat beribadah umat Buddha. Patung ini berada di samping Vihara dengan ukuran nya yang memang cukup besar dan berwarna keemasan. Bahkan patung Budhha ini merupakan patung besar urutan ketiga yang ada di Dunia. Hal ini lah yang memang menjadi daya tarik tesendiri bagi wisatawan yang datang ke objek wisata ini. Patung Buddha ini berada di Desa Bejijong,Trowulan yang memang ramai dikunjungi tak hanya untuk tempat ibadah namun juga berwisata untuk melihat keunikan dari patung ini.

Nah itu tadi pengenalan & ragam destinasi wisata di Mojokerto yang dapat anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

3 × 2 =