Home » Info » Destinasi Wisata di Jakarta yang ramah keluarga

Destinasi Wisata di Jakarta yang ramah keluarga

Tak hanya sebagai Ibukota negara, Jakarta juga merupakan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Meskipun kebanyakan tempat wisata di Ibukota Indonesia itu adalah tempat wisata buatan, namun animo wisatawan untuk mengunjungikota ini tidaklah pernah surut. Sejumlah tempat wisata pun tak pernah sepi untuk dikunjungi. Adapun tempat-tempat wisata tersebut antara lain Monas, TMII, Kepulauan Seribu, Taman Impian Jaya Ancol, dan Dunia Fantasi.

monas di malam hariMonas atau Monumen Nasional merupakan salah satu monumen paling ikonik di Jakarta. Monumen yang diresmikan di era pemerintahan presiden Soekarno itu mempunyai bentuk limas persegi empat terbalik di bawahnya dan sebuah tiang memanjang ke atas di bagian atasnya. Di puncak monas ini, terdapat sebuah mahkota api yang terbuat dari bahan emas.

Monumen yang dibangun guna memperingati jasa para pahlawan ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore. Pada hari Senin di akhir bulan, monumen ini akan ditutup untuk khalayak umum.

Di dalam monumen ini terdapat sebuah museum yang bernama Museum Sejarah Nasional Indonesia yang berada di bagian dasar bangunan Monas. Museum yang lusanya sebesar 60×80 meter persegi itu dapat menampung wisatawan hingga 500 orang.

Selain museum, Monas juga mempunyai sebuah lift yang dapat membawa wisatawa ke puncak bagian puncak dari Monas. Di puncak Monas tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas.

keong masTempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata yang diresmikan di era presiden Soeharto ini mempunyai sejumlah wahana yang cocok untuk dikunjungi wisatawan bersama dengan anak-anak dan orang tua.

Adapun wahana-wahana tersebut antara lain Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, Taman Ria Atmaja, Kereta Gantung, dan lain sebagainya. Jika wisatawan ingin menikmati wahana yang mengandung unsur edukasi, maka wisatawan bisa mengunjungi wahana Teater Keong Mas atau pun Istana Anak-Anak Indonesia.

Selain sebagai sarana hiburan, di tempat-tempat wisata tersebut,wisatawan juga akan belajar banyak soal kebudayaan Indonesia.

Meskipun kebanyakan tempat wisata di Jakarta adalah tempat wisata buatan, namun ternyata Jakarta juga mempunyai beberapa tempat wisata alam. Salah satu tempat wisata alam tersebut adalah Kepulauan Seribu.

Di kepulauan ini, wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang berpasir halus dan juga memandangi panorama matahari tenggelam. Selain itu, wisatawan juga bisa menyelam di lautan kepulauan ini. Wisatawan juga bisa mengunjungi sejumlah pulau di kepulauan ini. Adapun pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, dan Pulau Pari.

dufan

Tempat wisata di Jakarta selanjutya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Seperti halnya di TMII, di tempat wisata yang bernama lain Ancol Dreamland ini wisatawan juga bisa menikmati sejumlah wahana bersama dengan keluarga tercinta. Wahana-wahana yang bisa dikunjungi oleh wisata di tempat wisata ini antara lain Gelanggang Samudera, Sea World,dan lain sebagainya.

Rekomendasi tempat wisata terakhir di Jakarta adalah Dunia Fantasi atau yang biasa disingkat dengan nama Dufan. Tempat wisata yang masih bagian dari Ancol Dreamland ini didesain dengan background khas negara-negara Eropa dan Amerika yang dipadupadankan dengan gaya Indonesia. Di sini,wisatawan bisa menikmati sejumlah wahana yang ada,seperti Kora-Kora, Hysteria, Roller Coster, dan lain sebagainya.

Semua tempat wisata itu tentu tidak bisa dikunjungi dalam sehari saja. Untuk itu, wisatawan mesti berwisata selama beberap ahari dan tentunya menginap di hotel. Untuk masalah hotel, wisatawan tidak perlu khawatir, karena di Ibukota negara ini kita bisa menemukan hotel yang bagus serta dekat dengan sejumlah tempat wisata. Adapun hotel-hotel tersebut antara lain Mercure Jakarta Sabang, Santika Hotel, Pari Solata Seaview, dan hotel Aston Marina.

Rekomendasi hotel di Jakarta yang pertama adalah Mercure Jakarta Sabang. Lokasi hotel ini terbilang dekat dengan Monumen Nasional (Monas), sehingga wisatawan yang hendak berwisata ke Monas bisa menginat di hotel ini. Selain itu, hotel ini juga dekat dengan Mall Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, sehingga wisatawan bisa berbelanja ketika menginap di hotel ini.

Mercure Jakarta Sabang

Setiap kamar di hotel ini didesain dengan gaya kontemporer yang indah dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti AC, TV kabellayar datar, ketel listrik, kulkas, minibar, dan juga kamar mandi. Di hotel inijuga terdapat restoran yang bernama Lobby Restaurant.

Di restoran tersebut, wisatawan bisa menikmati berbagai macam hidangan internasional. Jika ingin berolahraga di hotel ini, wisatawan bisa mengunjungi pusat kebugaran yang telah disediakan pihak hotel.

Rekomendasi hotel selanjutnya adalah Santika Hotel Taman Mini. Hotel ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke TMII. Sebab, lokasi hotel ini sangatlah dekat dengan tempat wisata tersebut.

Setiap kamar di hotel ini didesain dengan interior yang elegan dan lantainya terbuat dari kayu asli. Setiap kamar di hotel ini juga dilengkapi dengan brankas pribadi, alat pembuat teh atau kopi, shower air panas, dan tentu saja kamar mandi.

santika tmii

Jika wisatawan hendak berolahraga di hotel ini, maka wisatawan hanya tinggal datang ke gym yang disediakan pihak hotel. Selain gym, hotel ini juga menyediakan dua restoran yang bisa dijadikan tempat untuk bersantap siang atau sekadar menyantap camilan ringan.

Restoran pertama yang ada di hotel ini adalah Krakatau Restaurant.  Restoran tersebut menyajikan banyak masakan lokal dan internasional yang menggugah selera. Restoran selanjutnyayang ada di Santika Hotel Taman Mini adalah Jali-Jali Lounge. Di tempat tersebut, wisatawan bisa menyantap pelbagai makanan ringan serta minuman yang menyegarkan kerongkongan wisatawan.

Jika wisatawan hendak ke salah satu pulau di Pulau Seribu dan menginap di sana, maka wisatawan bisa menginap di hotel Pari Solata Seaview. Hotel ini letaknya ada di Pulau Pari yang merupakan bagian dari Pulau Seribu.

Di hotel ini, wisatawan bisa beristirahat, memandang keindahan pantai, bahkan berpesta barberque. Jika ingin berpesta barberque, wisatawan bisa meminjam berbagai peralatannya kepada pihak hotel.

kepulauan seribu - bira

Jika sedang tak ingin ber barberque ria, wisatawan bisa mencoba ber-snorkeling di laut Pulau Pari. Jika ingin mengelilingi Pulau Pari, wisatawan bisa menyewa mobil yang disewakan khusus kepada wisatawan oleh pihak hotel.

Rekomendasi hotel terakhir untuk para wisatawan yang hendak berwisata ke Jakarta adalah hotel Aston Marina. Hotel yang letaknya berdekatan dengan Ancol dan Dufan ini mempunyai sejumlah fasilitas penunjang, baik itu di tiap kamarnya maupun di area hotelsecara keseluruhan.

Adapun fasilitas-fasilitas tersebut antara lain spa, TV layar datar, atau area biliar. Jika wisatawan hendak bersantap siang ataupun malam, wisatawan bisa mengunjungi restoran hotel yang bernama Cumi-Cumi Cafe yang selalu buka selama 24 jam.

Selain di restoran tersebut, wisatawan juga bisa berkunjung ke restoran lainnya, yaitu Cium-Cium Lounge yang di dalamnya tersedia pertunjukan hiburan yang akan menemani wisatawan saat menyantap makanan.

Referensi

1. Daftar Hotel dekat TMII

2. https://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-jakarta/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

1 × 5 =