Home » Info » Destinasi Wajib selama berwisata di Jember

Destinasi Wajib selama berwisata di Jember

Hampir di setiap kota dan kabupaten di Jawa Timur pasti mengandung tempat wisata di dalamnya, tidak terkecuali kabupaten Jember. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso ini mempunyai sejumlah tempat wisata yang mesti disambangi wisatawan.

Jika ingin mengunjungi tempat-tempat wisata andalan Jember, maka wisatawan bisa mengambil paket wisata di kota Jember. Dengan mengambil paket tersebut, maka wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata andalan di Jember serta diberikan akomodasi yang menunjang untuk para wisatawan.

Tempat wisata andalan Jember pertama yang akan dikunjungi dalam paket Wisata Jember adalah Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai seluas 50 hektar ini berada di Kecamatan Ambulu dan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Di pantai ini, wisatawan bisa melihat permukaan laut yang berwarna hijau kebiru-biruan saat gelombang laut tengah tenang. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati lembutnya pasir putih yang ada di pantai Malikan ini.

Wisatawan juga bisa berlayar menggunakan perahu milik nelayan untuk melayari lautan Pantai Malikan. Selain memadangi keindahan laut dari kapal, wisatawan juga bisa mendekati atol atau pulau karang yang letaknya dua mil dari Pantai Malikan.

pantai papuma atau malikan

Dari kapal nelayan juga, wisatawan bisa melihat sebuah pulau buatan yang bentuknya seperti katak raksasa.Wisatwan juga bisa melihat seluruh panorama pantai dan laut Malikan dari sebuah menara yang bernama Sitihinggil. Menara ini letaknya ada di bukit sebelah barat Pantai Malikan.

Tak jauh dari Pantai Malikan, ada pantai lainnya yang akan dikunjungi wisatawan dalam paket wisata Jember. Nama pantai tersebut adalah Pantai Watu Ulo. Di bagian bagian bibir pantai ini, terdapat sebuah batu yang bentuknya memanjang seperti seekor ular raksasa. Batu tersebut menjadi ciri khas pantai ini.

Dari pantai ini, wisatawan bisa melihat beberapa pulau kecil yang berderet di tengah lautan dan gunung-gunung yang berbaris di sepanjang pantai. Pemandangan tersebut membuat pantai ini menjadi semakin indah.

Tak hanya ramai di saat siang hari, pantai ini pun juga tetap ramai kala di malam hari. Di kala malam, wisatawan bisa melihat beebrapa wisatawan lain yang berkemah di pantai ini. Adapun pantai ini sendiri memang sengaja menyediiakan tempat khusus bagi wisatawan yang hendak berkemah.

Setelah menikmati keindahan Pantai Watu Ulo, wisatawan bisa beristirahat di rest area dan menikmati se kelapa muda segar yang disajikan langsung dari kelapanya.

pantai watu ulo

Tak hanya menikmati keindahan pantai dan meminum es kelapa muda, di Pantai Watu Ulo wisatawan juga akan melihat salah saturitual khaswarga sekitar. Adapun ritualtersebut adalah ritual Larung Sesaji.

Ritual ini dilakukan dengan cara melemparkan sesaji ke dalam lautan dengan menggunakan sebuah perahu yang telah disiapkan sebelumnya. Tujuan dari ritual tersebut adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha esa. Jika ingin melihat ritual tersebut, wisatawan mesti berkunjung ke pantai ini saat Hari Raya Idul Fitri.

Setelah menikmati wisata pantai, selanjutnya wisatawan akan dibawa kesbuah air terjun terkenal di Jember, yaitu Air Terjun Tancak. Air terjun yang mempunyai ketinggian 1.100 mdpl ini mempunyai debit air yang terus mengalir dan volume airnya tetap stabil meski dimusim kemarau sekalipun.

Air terjun ini juga masih terbilang perawan karena air terjun ini belum banyak dijamah dan dikunjungi oleh wisatawan ataupun warga sekitar. Karena masih perawan, maka akses menuju air terjun ini pun masih sangatlah sulit untuk kendaraan dan mau tak mau wisatawan harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun ini.

air terjun tancak

Air terjun ini memberikan panorama yang indah dipandang lewat aliran airnya yang melewati sela-sela tebing dan pohon rimba yang rimbun di ketinggian Air Terjun Tancak. Meskipun berlokasi cukup jauh dari hotel di Jember, namun air terjun yang satu ini seringkali menjadi destinasi favorit.

Pemandian Patemon menjadi destinasi wisata selanjutnya yang akan disambangi wisatawan dalam rangkaian paket wisata Jember. Tempat wisata yang ada di daerah Tanggul ini mempunyai tempat yang nyaman dan air pemandiannya berasal dari mata air asli.

Suasana pedesaan yang kental di sekitar pemandian membuat wisatawan akan semakin nyaman berendam di tempat wisata ini. Meski sudah ada sejak 1954, namun pemandian air panas ini masih terlihat seperti pemandian yang baru dibuka.

Terdapat 4 kolam di Pemandian Patemon, yaitu kolam utama yang mempunyai kedalaman 4 meter, kolam kedua dengan kedalaman 0,5 sampai 1 meter, kolam ketiga sedalam 0,5 sampai 1,5 meter, dan kolam terakhir adalah kolam khusus anak.

Tepat di sebelah kolam utama, terdapat beberapa taman yang di dalamnya dipenuhi pepohonan rindang, ayunan, dan berbagai macam tempat bermain lainnya.

Setelah puas berndam atau berenang di pemandian ini, wisatawan bisa mengganti baju dan beristirahat sembari menyantap tahu petis khas pemandian ini. Selain itu, wisatawan juga bisa berjalan ke sebuah danau yang letaknya tidak jauh dari tempat pemandian.

taman botani sukorambi

Tempat wisata terakhir yang akan dikunjungi dalam rangkaian paket wisata Jember adalah Taman Botani Sukorambi. Taman yang didirikan oleh H. Abdul Kahar Muzakir ini berisi berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga tanaman obat, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Tak hanya itu, koleksi hewan, sarana belajar, dansarana bermain pun ada ditaman botani ini.

Di taman botani ini, wisatawan akan belajar banyak hal mengenai pembenihan ikan koi dan lobster air tawar, mengidentifikasi jenis-jenis hewan, hingga memelihara seekor kelinci. Semua hal itu merupakan sarana-sarana pembelajaran yang disediakan oleh taman botani ini.

Selain sarana pembelajaran, Taman Botani Sukorambi ini juga mempunyai sejumlah sarana rekereasi, diantaranya Rumah Pohon, Flying Fox Jungle, dan Flying Fox Tombro, dan berbagai arena permainan outbond lainnya. Setelah menikmati semua sarana rekreasi tersebut, wisatawan bisa berpesta barberque di area barberque outdoor yang disediakan taman botani ini.

Jika ingin membeli oleh-oleh, maka wisatawan bisa menyambangi Horti Hut yang menyediakan oleh-oleh berupa tanaman dan buah-buahan. Adapun tanaman dan buah-buahan tersebut diantaranya mangga, jambu, jeruk, bali, durian, dan sebagainya. Harga semua tanaman dan buah-buahan itu adalah sekitar 20 sampai 150 ribu rupiah per-buahnya.

Pantai-Tanjung-Papuma

Jika wisatawan ingin rebahan sejenak, wisatawan bisa melakukannya di gazebo-gazebo dan shelter yang telah tersedia. Terdapat 5 buah gazebo dan shelter di taman botani ini yang dinaungi oleh pepohonan yang rindang, sehingga wisatawan pun akan merasa teduh saat merebahkan diri di gazebo-gazebo dan shelter tersebut.

Saat mengunjungi tempat-tempat wisata di atas, wisatawan mesti memperhatikan beberapa hal. Pertama,pastikan barang-barang pribadi seperti baju ganti, makanan ringan, kamera, ataupun pengisi daya baterai telepon genggam tidak tertinggal di kamar hotel.

Kedua, usahakan juga membuka uang tambahan untuk berjaga-jaga. Ketiga, jika wisatawan membawa anak-anak, pastikan mereka ada di dalam pengawasan wisatawan, agar tidak terpisah dari rombongan ataupun melakukan kecerobohan.

Dan yang terakhir, para wisatawan mesti selalu membuang sampah pada tempatnya saat mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di dalam daftar paket wisata Jember tersebut.

pantai-papuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

sixteen − 7 =