Home » Info » Bromo Tour – 1001 Tips Sebelum Kamu Berangkat

Bromo Tour – 1001 Tips Sebelum Kamu Berangkat

Berbicara tentang wisata di Jawa Timur, bisa dikatakan jika Gunung Bromo adalah yang terbaik. Wisata Gunung Bromo tidak pernah sepi setiap harinya. Selalu banyak wisatawan, baik domestic hingga mancanegara yang mengunjungi tempat wisata ini.

Gunung Bromo memiliki keindahan alam yang begitu mempesona, laut pasirnya yang membentang luas, keindahan matahari terbit, serta udaranya yang sejuk menjadi hal-hal menarik yang dapat anda rasakan di Gunung Bromo.

Liburan Tour Bromo sangat cocok bagi untuk melepas kepenatan dan hiruk pikuk perkotaan yang ramai. Selain itu ada banyak spot wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Gunung Bromo.

Bromo Tengger Semeru

Tak heran jika destinasi wisata favorit Jawa Timur ini selalu direkomendasikan untuk tempat menghabiskan waktu liburan bersama teman maupun keluarga.

Mengapa berlibur ke Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo yang ada di Jawa Timur ini memang memiliki banyak daya tarik yang mengundang wisatawan-wisatawan untuk datang melihat keindahan alamnya dari atas ketinggian.

Nama Bromo sendiri berasal dari salah satu Dewa utama di dalam ajaran agama Hindu, yang bernama Dewa Brahma. Gunung Bromo memiliki ketinggian diatas 2.329 mdpl.

Status gunung bromo memang masih aktif, namun inilah yang menjadi daya tariknya. Hamparan gunung yang mempesona dan dikelilingi awan putih membuat pandangan mata tak pernah jenuh memandanganya.

Terutama saat hari libur, ada banyak wisatawan yang memadati wisata Gunung Bromo ini.

kawah bromo2

Dari atas Gunung Bromo, anda dapat melihat pemandangan matahari terbitnya yang dihiasi hamparan pegunungan seakan berada dalam negeri di atas awan. Dan momen seperti ini, tak sedikit diabadikan oleh wisatawan yang datang.

Apalagi dari atap Penanjakan, pengunjung bisa melihat keindahan gunung Semeru yang sedang mengeluarkan asap bersamaan dengan matahari yang semakin naik.

Jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi Gunung Bromo saat sedang berada di Jawa Timur.

Apa saja aktifitas selama di Gunung Bromo

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo yang harus anda coba, mulai dari menikmati sunrise, melihat berbagai macam upacara kebudayaan, menaiki kuda, dan masih banyak lainnya.

sunrise-gunung-bromo

Menikmati Sunrise Bromo

Hal yang paling direkomendasikan saat datang ke Gunung Bromo adalah untuk bisa menyaksikan keindahan matahari terbitnya yang mempesona. Bahkan hingga ratusan wisatawan datang berbondong-bondong ke Gunung Bromo untuk sejenak menikmati pemandangan menawan ini.

Jika anda takut untuk terlambat mengikuti sunrise, tak perlu khawatir karena banyak penginapan yang ada di sekitar kawasan wisata gunung Bromo.

Tak hanya bisa melihat keindahan sunrises dari puncak gunung Bromo, namun ada beberapa spot wisata yang bisa dijadikan spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Lautan Pasir Bromo
  • Penanjakan 1, spot favorit wisatawan ini merupakan lokasi yang paling tinggia diantara perbukitan lainnya. Disini anda dapat langsung menyaksikan pemandangan sunrise di pagi hari yang mempesona dengan latar belakang keindahan lembah yang tertutup kabut. Untuk dapat menuju bukit penanjakan 1, anda bisa menggunakan jeep atau motor. Namun untuk keamanan, hindari menggunakan motor matic karena jalanan yang cukup berat.
  • Penanjakan 2, lokasi ini tak begitu kalah tinggi nya dibandingkan penanjakan 1. Hanya saja akses untuk ke penanjakan 2 terbilang lebih mudah dan ringan. Anda bisa mengaksesnya dari Kab. Probolinggo. Meskipun alternative kedua, namun lokasi ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya.

Melihat Upacara Adat di Bromo

Wisata gunung Bromo juga terkenal dengan kebudayaannya yang masih sangat kental. Anda bisa melihatnya dari upacara maupun festival kebudayaan yang diselenggarakan disini.

Salah satunya yaitu festival Yadnya Kasada (Kasodo) yang dilaksanakan setiap setahun sekali. Saat acara ini berlangsung, tak sedikit wisatawan yang berdatangan untuk menikmati festival kebudayaan tersebut.

Upacara kebudayaan ini dilakukan untuk memberikan persembahan dalam bentuk uang, sayuran, dan hewan sembelihan yang nantiya akan dibuang ke dalam kawah Gunung Bromo. Ini menjadi simbol bagi warga Suku Tengger untuk mengucapkan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa.

Berburu Foto Milky Way

Bagi anda pecinta fotografi, jangan lewatkan untuk berburu fenomena milky way yang cukup populer. Biasanya fenomena ini akan sangat jelas terlihat suasana sedang cerah.

Ketika malam hari, Gunung Bromo dikelilingi dengan kumpulan asap vulkanik yang berasal dari pusat kawah. Anda dapat memotret gunung dan langit malam yang tampak sangat kontras dengan asap vulkanik.

Banyak wisatawan yang secara khusus bergabung dalam paket tour Bromo Milky Way untuk dapat mengabadikan momen-momen unik ini dengan kamera mereka.

Hamparan langit yang bertabur bintang ini akan tampak seperti pemandangan galaksi Bima Sakti atau yang dikenal Milky Way. Semakin menambah estetika foto yang tak boleh dilewatkan.

Mengunjungi Spot-Spot Wisata

Ada banyak spot wisata menarik yang tak boleh terlewatkan saat anda mengunjungi Wisata Gunung Bromo. Salah satunya yaitu Kawah Gunung Bromo yang sangat mempesona.

Untuk dapat menyaksikannya langsung dari dekat, wisatawan harus berjalan kaki hingga sejauh 2km dari parkir. Dan ditambah dengan ratusan anak tangga yang anda harus lalui. Namun jika anda tidak kuat, anda dapat mencoba menunggangi kuda sembari melihat keindahan di sekelilingnya.

cemorolawang

Sebelum mencapai kawah bromo, pengunjung bisa menyempatkan diri ke spot pasir berbisik yang cukup fenomenal. Wisata ini sebenarnya hamparan pasir yang cukup luas dan menjadi salah satu spot terbaik untuk mengambil foto.

Disini juga ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti menunggangi kuda, mengendarai motor tril, dan masih banyak lainnya.

Masih satu tempat dengan kawasan pasir Bromo, tempat terbaik lainnya yang dapat dikunjungi yaitu Pura Luhur Poten.

Tempat ibadah bagi umat budha ini juga diramaikan kunjungan-kunjungan warga lokal yang akan melakukan ibadah, terutama di hari Raya Nyepi.

Selain 3 spot wisata diatas, masih banyak tempat wisata lainnya yang juga harus anda kunjungi saat berada di kawasan Gunung Bromo seperti Bukit Teletabis Bromo, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Desa Ngedas, dan masih banyak lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Gunung Bromo

Waktu terbaik bagi pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Gunung Bromo yang benar-benar optimal adalah pada bulan Mei-Oktober, tepatnya pada musim kemarau.

Karena pada waktu-waktu ini keindahan di kawasan Gunung Bromo benar benar sempurna.

Meskipun begitu, pada bulan-bulan lainnya jumlah wisatawan yang datang ke tempat wisata ini juga tidak kalah bagusnya. Beberapa paket tour bromo murah juga tersedia sepanjang periode liburan.

Dimana Lokasi Gunung Bromo

Gunung ini berada di kawasan 4 Kabupaten yaitu Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab. Probolinggo, dan Kab. Pasuruan. Sehingga ada banyak rute yang bisa digunakan pengunjung untuk dapat mencapai wisata terbaik di Jawa Timur ini.

Mode Transportasi untuk ke Gunung Bromo

Bagi pengunjung yang ingin menuju Gunung Bromo, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk mencapai pintu masuk Kawasan Gunung Bromo.

Nanti setelahnya anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan motor, mobil jeep, hingga berkuda agar bisa menuju puncak Gunung Bromo.

Mengingat jalur yang dilalui cukup menanjak, maka snagat beresiko jika menggunakan mobil biasa atau motor matic untuk menuju ke puncak.

Untuk rute yang bisa anda gunakan, setidaknya tersedia pilihan 4 rute yang bisa anda coba yaitu:

  • Kab. Malang-Desa Ngadas-Gunung Bromo
  • Kab. Probolinggo-Desa Cemorolawang-Gunung Bromo
  • Kab. Pasuruan-Desa Wonokitri-Gunung Bromo
  • Kab. Lumajang-Desa Burno-Gunung Bromo

Apa yang harus dipersiapkan untuk ke Gunung Bromo

Jika anda berencana ingin mengunjuungi kawasan Gunung Bromo, maka yang utama jangan lupa untuk mempersiapkan baju hangat dan jaket. Mengingat kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya cukup dingin.

kawah bromo

Apalagi bagi anda yang tidak betah dengan suhu yang terlau dingin, maka jangan lupakan hal yang satu ini. Selain itu jangan lupa siapkan masker dan kacamata, mengingat kawasan Gunung Bromo masih aktif meleparkan abu vulkanik serta gas belerang ke atas udara maka ini bisa menganggu kesehatan bagi wisatawan yang datang.

Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit asma maupun gangguan pernapasan yang tentunya akan snagat mebahayakan.

Jangan lupa pula lindungi mata anda dengan kacamata sehingga perjalanan liburan adna bisa berjalan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

6 + 4 =